• Jelajahi

    Copyright © Musholla Al Ikhlas
    Musholla Al Ikhlas

    Iklan

    Malam nishfu Sya'ban 1440H

    Minggu, 21 April WIB Last Updated 2025-03-09T00:46:53Z
    Transfer Zakat, Infak dan Sedekah anda ke rekening BJB 0102083091100 a.n. MUSHOLLA AL IKHLAS dan kirim bukti ke 0816109966
    Musholla Al Ikhlas:
    Sebagaimana juga mayoritas umat muslim lainnya lakukan, jamaah ikut hadir di musholla pada malam nishfu Sya'ban yang pada tahun 1440H ini bertepatan dengan hari Sabtu, 20 April 2019 tadi malam. Di malam nishfu Sya'ban, sebagaimana yang juga banyak dianjurkan oleh ulama-ulama kini dan dahulu, dihidupkan dengan berbagai macam ibadah.
    Pada malam nishfu Sya'ban tahun ini, jamaah bersama-sama menghidupkan malam ini mulai dari melaksanakan ibadah shalat maghrib berjamaah. Kemudian, melaksanakan shalat sunnah tasbih, serta membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Tidak lupa juga tentunya dengan banyak doa-doa. Kegiatan ini dipimpin oleh Ustadz A. Jalaludin.

    Foto: Jamaah bapak-bapak, remaja, dan anak-anak sedang membaca Yasin dan do'a di malam nishfu Sya'ban

    Dikutip dari buku 37 masalah populer yang disusun oleh Ustadz H. Abdul Somad, Lc., MA. mengenai malam nishfu Sya'ban, ada banyak hadits-hadits tentang keutamaan malam Nisfhu Sya’ban disebutkan dalam Musnad Ahmad, al-Mu’jam al-Kabir karya Imam ath-Thabrani dan Musnad al-Bazzar.

    يَطَّلِاُ اللّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْعِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

    “Allah Swt memperhatikan para makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Ia mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali musyrik dan orang yang bertengkar (belum berdamai)”.
    Dinyatakan shahih oleh Syekh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah, no. 1144.

    Bagaimana dengan umat muslim lainnya?
    Tabi’in Negeri Syam Menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban.

    Imam al-Qasthallani menyebutkan dalam kitab al-Mawahib al-Ladunniyyah, juz.II, hal.259, “Sesungguhnya kalangan Tabi’in negeri Syam seperti Khalid bin Ma’dan dan Mak-hul bersungguh-sungguh menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan ibadah. Dari merekalah orang banyak mengambil pengagungan malam Nishfu Sya’ban.
    Tabi’in itu termasuk kalangan Salaf, artinya sejak zaman Salaf telah ada pengagungan malam Nisfu Sya’ban.

    Foto: Jamaah wanita juga ikut hadir di malam nishfu Sya'ban ini, bahkan sampai di luar belakang dan samping.

    Adapun tentang cara menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, Imam al-Qasthallani melanjutkan,

    اختلف علماء أهل الشام فى صفة إحيائها على قولين، أحدهما أنه يستحب إحياؤها جماعة فى المسجد، وكان خالد بن معدان
    ولقمان ابن عامر وغيرهما يلبسون فيها أحسن ثيابهم ويتبخرون ويكتحلون ويقومون فى المسجد ليلتهم تلك، ووافقهم
    إسحاق بن راهويه على ذلك وقال فى قيامها فى المساجد جماعة : ليس ذلك ببدعة، نقله عنه حرب الكرمانى فى مسائله
    والثا نى أنه يكره الاجتماع فى المساجد للصلاة والقصص والدعاء، ولا يكره أن يصلى الرجل فيها لخاصة نعسه، وهذا قول
    الأوزاعى إمام أهل الشام وفقيههم وعالمهم .


    Ulama negeri Syam berbeda pendapat tentang cara menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, ada dua pendapat:
    Pertama, dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Sya’ban berjamaah di masjid. Khalid bin Ma’dan, Luqman bin ‘Amir dan tabi’in lain pada malam Nisfu Sya’ban itu memakai pakaian terbaik, memakai harum-haruman, memakai celak, mereka menghidupkan malam Nishfu Sya’ban di masjid. Imam Ishaq bin Rahawaih setuju dengan mereka dalam hal itu dan ia berkata tentang menghidupkan malam Nishfu Sya’ban di masid: tidak bid’ah. Demikian diriwayatkan oleh al-Kirmani dalam al-Masa’il.

    Kedua, makruh berkumpul di masjid-masjid untuk shalat, kisah-kisah dan doa. Tidak makruh jika seseorang melaksanakan shalat secara khusus untuk dirinya sendiri. Ini pendapat Imam al-Auza’i imam, faqih dan ulama negeri Syam.

    Pendapat Imam Ibnu Taimiah.

    إذَا صَلَّى الْإِنْسَانُ لَيْلَةَ النّصْفِ وَحْدَه أوَْ فِي جَمَاعَةٍ خَاصَّةٍ كَمَا كَانَ يَفْعَلُ طَوَائِفُ مِنْ السَّلَفِ فَهُوَ أَحْسَنُ. وَأَمَّا الِاجْتِمَاعُ فِي الْمَساجِدِ عَلَىصَلَاةٍ مُقَدَّرَةٍ. كَالِاجْتِمَاعِ عَلَى مِائَةِ رَكْعَةٍ بِقِرَاءَةِ أَلْفٍ : } قُلْ هُوَ اللََُّّ أحََدٌ { دَائِمًا. فَهَذاَ بِدْعَةٌ لَمْ يَسْتَحِبَّهَا أحََدٌ مِنْ الْأَئِمَّةِ. وَاللّه أَعْلَمُ

    Apabila seseorang melaksanakan shalat pada malam Nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah secara khusus seperti yang dilakukan beberapa kelompok Salaf, maka itu baik. Adapun berkumpul di masjid-masjid dengan shalat tertentu seperti berkumpul melaksanakan shalat seratus raka’at dengan membaca seribu kali surat al-Ikhlas secara terus menerus, maka itu bid’ah, tidak seorang pun dari para imam menganjurkannya. Wallahu a’lam.
    Komentar

    Tampilkan